Rabu (9/5/2012)
Jakarta – Pesawat Sukhoi Superjet 100 adalah jenis pesawat baru komersial yang diproduksi oleh perusahaan Russia bernama Sukhoi.
Foto sebelum Tragedi Sukhoi Superjet 100
Foto Sebelum Tragedi:
Pesawat Sukhoi Superjet 100 merupakan salah satu jenis pesawat
komersial yang memiliki 100 kursi penumpang. Sukhoi Superjet 100
dirancang dengan teknologi canggih serta design yang sederhana sehingga
dapat mencipatakan pengalaman baru bagi para penumpangnya.
Pesawat tersebut merupakan jenis baru yang dibuat dan dikembangkan
oleh Sukhoi. Sukhoi Superjet 100 ditujukan untuk menggantikan pesawat
sebelumnya yaitu ‘Tupolev Tu-134‘ dan ‘Yakovlev Yak-42‘ yang merupakan
pesawat komersial peninggalan Soviet.
Sebagai informasi pesawat Sukhoi Superjet 100 telah dipesan oleh
Kartika Airlines 30 unit dan Sky Aviation 15 unit. Sukhoi SUperjet 100
memiliki dukungan dari perusahaan pesawat Boeing serta Alenia
Aeronautica sebagai partnet strategis mereka.
KEJANGGALAN TRAGEDI SUKHOI SJ-100.
Sukhoi Superjet (SSJ) 100 hilang kontak dengan Air Traffic Control
Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Rabu (9/5/2012) dan ditemukan
serpihannya pada hari Kamis ini di Gunung Salak. Banyak kejanggalan pada
joy flight penerbangan SSJ-100 ini.
RUTE JOY FLIGHT :
Kejanggalan ini diungkapkan pengamat penerbangan Samudera Sukardi,
yang juga mantan petinggi Pelita Air. Joy flight yang dilakukan pesawat
Sukhoi Superjet100 dari Bandara Halim Perdanakusuma, melewati rute
Pelabuhan Ratu yang melintasi wilayah pegunungan yang gelap. Hal ini
dinilai tidak lazim karena biasanya joy flight dilakukan pada rute yang
lebih terang, yakni melintasi wilayah laut.
“Untuk joy flight seharusnya mengambil rute Krakatau, melewati
wilayah laut yang terang. Tapi ini melewati Pelabuhan Ratu, melewati
wilayah pegunungan yang gelap,” ujar pengamat penerbangan, Samudera
Sukardi, saat dihubungi detikcom, Rabu (8/5/2012) malam.
Samudera menuturkan, joy flight atau penerbangan demonstrasi biasa
dilakukan di atas wilayah laut yang terang. Baik pesawat jenis besar,
sedang, hingga kecil, seperti Bombardier dan Cessna Caravan, selalu
melintasi wilayah laut.
“Selama ini, joy flight belum pernah ke arah situ. Selalu lewat wilayah laut,” tuturnya.
Nah, siapa yang mengizinkan rute joy flight yang janggal itu?
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menguraikan garis besar perizinan
pesawat asing bisa terbang di Indonesia. Ada 2 prosedur untuk itu.
“Untuk terbang di wilayah udara Indonesia ada 3 instansi yang
mengeluarkan izin. Kemenlu untuk diplomatic clearance, Kemenhan untuk
security clearance dan Kemenhub untuk hak angkut dan teknis pesawat,”
jelas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
Bambang S Ervan.
Nah untuk Indonesia dan Rusia, kedua negara sudah memiliki
Airworthiness Bilateral Agreement. Artinya, mengakui sertifikasi yang
dikeluarkan penerbangan sipil masing-masing negara.
“Hal ini menjadikan dasar hak angkutnya,” jelas dia.
Kemudian saat prosedur tersebut sudah dilalui, prosedurnya kemudian
perusahaan penerbangan, dalam hal ini perantara Sukhoi, PT Tri Marga
Rekatama dan pihak Sukhoi harus mengajukan flight plan ke Air Traffic
Service (ATS) yang mengatur lalu lintas udara. Flight plan ini ada 2,
yang satu diserahkan ke ATS dan satunya dibawa pihak pilot.
“Kan harus disetujui dulu (oleh ATS) baru dibawa. Kalau dia nggak
bawa dia mau terbang ke mana,” jelas Bambang masalah perizinan ini juga
akan diinvestigasi oleh KNKT.
Kemenhub menegaskan belum mengeluarkan sertifikat layak terbang
standar Indonesia bagi pesawat Sukhoi Superjet 100. Alasannya pesawat
buatan Rusia tersebut memang belum resmi didatangkan oleh para maskapai
dan belum akan dioperasikan di Indonesia secara komersial.
“Kalau ada permintaan, kita akan menguji, sekarang ini kan masih
tahap promosi,” kata Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan
Udara Kementerian Perhubungan Ishaful Hayat kepada detikFinance, Kamis
(10/5/2012)
Di satu sisi, PT Tri Marga Rekatama mengakui bahwa rute itu atas
permintaan pilot Sukhoi sendiri. “Itu atas permintaan penerbangnya. Di
antara penerbang itu juga kan ada dari kita, sudah hafal rute,” jelas
Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama, saat dihubungi detikcom, Kamis
(10/5/2012).
Jadi, rute itu pun tidak serta merta diputuskan mendadak. Rute itu
sudah didiskusikan lebih dahulu. Para penerbang ini juga sudah
berkoordinasi dengan pihak terkait.
Sunaryo juga memastikan Alexander Yablontsev, Pilot In Command (PIC)
telah mengetahui medan Gunung Salak. “Oh dia tahu karena sebelum
berangkat, dia mempelajari map dari rute penerbangan,” kata Sunaryo
dalam jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis
(10/5/2012).
IZIN TURUN KE 6.000 KAKI :
Pesawat SSJ-100 ini hilang kontak setelah 21 menit lepas landas dari
Bandara Halim Perdanakusumah, tepatnya pada pukul 14.33 WIB. Saat hilang
kontak, ATC di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menerima permintaan
dari pilot untuk turun dari ketinggian 10 ribu kaki kepada 6 ribu kaki.
“Baru melaporkan akan turun itu, belum (diizinkan). Biarkan KNKT yang
melakukan investigasi untuk itu,” jelas Bambang S Ervan ketika
dikonfirmasi mengapa Air Traffic Control (ATC) mengizinkan turun pesawat
itu ke ketinggian 6 ribu kaki.
Dari Basarnas, humas Basarnas Gagah Prakoso mengatakan hal itu
merupakan inisiatif pilot. Belum diketahui apakah langkah itu ditempuh
karena cuaca buruk atau faktor lain. Saat pilot meminta izin, ATC belum
memberi jawaban.
“Belum sempat dijawab, tapi sudah hilang kontak,” ungkapnya.
Perwakilan PT Trimarga Rekatama mengatakan, Sukhoi hendak mengambil
ketinggian dengan turun di 6 ribu kaki. Namun menjadi tanda tanya,
ketinggian di Gunung Salak sekitar 7 ribu kaki. Apa tidak takut
menabrak?
“Saya juga heran kenapa diizinkan,” kata Sunaryo dari PT Trimarga Rekatama.
Misteri soal apakah pesawat tersebut diizinkan turun atau tidak ini
yang perlu diketahui. Lagi-lagi, tugas KNKT untuk menginvestigasinya.
SINYAL DARURAT TIDAK TERDETEKSI :
Pesawat SSJ-100 ini saat hilang kontak, tidak mengirimkan sinyal
darurat, yang dikenal dengan Emergency Locator Transmitter (ELT), yang
langsung memancarkan sinyal dalam keadaan darurat.
Hal tidak adanya sinyal darurat ini disampaikan oleh humas Basarnas,
Gagah Prakoso. Tak hanya ATC Halim, tapi Singapura dan Australia tak
mendeteksi sinyal yang biasa dipakai saat pesawat ada gangguan itu.
“Tidak ada sinyal yang kami terima. Singapura dan Australia juga
tidak,” kata Kepala Humas Basarnas Gagah Prakoso di Terminal Kedatangan
Halim Perdanakusumah, Kamis (10/5/2012).
Gagah menyebutkan, jika pesawat mengalami gangguan, maka emergency
signal akan dikirim ke Air Traffic Control (ATC) terdekat. Dalam kasus
ini, biasanya Singapura dan Australia juga bisa mendeteksi.
“Tapi ini tidak ada. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu KNKT,” jelasnya.
Padahal spesifikasi pesawat dari situs Sukhoi, SSJ-100 ini dilengkapi
pendeteksi kegagalan sistem. Termasuk dilengkapi Traffic Collision
Avoidance System (TCAS) generasi kedua alias sistem yang bisa mendeteksi
bila pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek
lain. Sistem avionik SSJ 100 memiliki keunggulan keselamatan penerbangan
dan kehandalan yang tinggi.
SINYAL HP MASIH MENYALA :
SSJ-100 diberitakan hilang kontak denan ATC Cengkareng pada pukul
14.33 WIB. Namun, telepon seluler alias HP 2 wartawan majalah Angkasa,
Didi Yusuf dan Dodi Aviantara, masih aktif saat dihubungi pukul 17.00
WIB. Tapi keduanya tidak mengangkat telepon.
“Benar, kami sudah cek. Keduanya ada dalam manifes,” ujar editor
majalah Angkasa, Dudi Sudibyo, ketika dihubungi detikcom, Rabu
(9/5/2012).
Dudi mengatakan pihak Angkasa telah mencoba berkali-kali menghubungi
kedua jurnalisnya, namun tidak ada jawaban dari mereka. “Terakhir kami
coba pukul 17.00 WIB kami kontak, nadanya masuk. Tapi tidak ada
jawaban,” jelasnya.
Nah, apakah sinyal HP yang masih menyala ini juga mempengaruhi penerbangan itu?
Kunci semuanya, ada pada black box atau kotak hitam yang berada dalam
badan pesawat, apakah karena human error atau faktor cuaca? Black box
inilah yang merekam percakapan pilot-ATC pada Cockpit Voice Recorder
(CVR) dan data-data penerbangan dalam Flight Data Recorder (FDR).
Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan juga sudah meminta rekaman
percakapan pilot-ATC yang dimiliki ATC untuk keperluan investigasi.
Tentunya, rekaman confidential, tak bisa diketahui publik selama
investigasi KNKT dilakukan.
Hal ini karena pernah ada kasus, data percakapan pilot-ATC dalam
rekaman kotak hitam beredar dalam kasus jatuhnya AdamAir KI 574 yang
jatuh di Majene, Sulbar pada 2008 lalu sebelum KNKT merilis hasil
investigasinya.
Panjang memang investigasi yang dilakukan KNKT hingga akhirnya bisa
dibuka ke publik, berbilang bulan bahkan tahun. AdamAir KI 574 yang
jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat pada 1 Januari 2007 baru bisa
ditemukan kotak hitamnya pada 28 Agustus 2007. Hasil investigasi itu
kemudian diumumkan Maret 2008.
Kecelakaan pesawat Merpati berjenis MA-60 di Kaimana, Papua pada Mei
2011 baru dirilis hasilnya pada Mei 2012 lalu. Jadi, mari menunggu hasil
investigasi KNKT. (nwk/asy)
Sumber : Detik/Kiss Fmtv.
trut berduka
BalasHapus